Sabtu, 26 Desember 2009

Mengenal Penyakit Kanker

MENGENAL PENYAKIT KANKER




Tahukah Anda?

KANKER adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel-sel yang tidak normal ini akan terus membelah diri, terlepas dari pengendalian tubuh dan tidak lagi menuruti hukum-hukum pembiakan.



Jika hal ini tidak segara diobati maka sel kanker akan tumbuh menyusup ke jaringan sekitarnya (invasif),lalu membuat anak besar (metastasis) ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Selanjutnya akan tumbuh sel kanker di tempat baru.



Tumor adalah istilah umum yang digunakan untuk segala pembengkakan atau benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru atau adanya penggumpalan cairan seperti kista atau benjolan yang berisi darah akibat benturan. Namun istilah tumor umum digunakan untuk menyatakan adanya benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru tapi bukan radang. Oleh karena itu kita kenal dengan istilah tumor jinak yang tumbuh lambat, setempat (dalam kapsulnya), tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh serta jarang mengganggu kesehatan dan tumor ganas yang berarti kanker.




A. Jenis-jenis Kanker

Kanker dapat tumbuh dimana saja dibagian tubuh manusia. Menurut tumbuhnya dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

1. Karsinoma : Kanker yang timbuldari sel-sel dalam lapisan penutup atau selaput dinding organ. (seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker payudara, kanker mulut rahim dll)

2. Sarkoma : Kanker yang timbul dalam jaringan penghubung, tulang-belulang, otot.

3. Leukemia : Kanker yang menyerang jaringan yang memproduksi darah.

4. Limfoma : Kanker yang menyerang kelenjar getah bening.




B. Faktor Penyebab Kanker

Sampai saat ini penyebab kanker belum diketahui secara pasti. Beberapa Karsinogen yang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker sebagai berikut :

  1. Senyawa kimia : misalnya ; sisa-sisa bahan dari bahan industri batubara, terr (jelaga), zat pengawet, zat pewarna, zat perasa (siklamat, sakarin) bahan tambahan pada makanan dan minuman, karbon tetraklorida, asbes, merkuri, arsen, kromium, benzena, kloramfenikol, fenisbutason, senyawa nitrosamin, aflatoksin (zat beracun yang disebabkan oleh jamur),asap rokok.
  2. Faktor Fisika : kanker yang disebabkan oleh berbagai radiasi misal ; nuklir,bom atom, ultraviolet. Gesekan dan benturan pada tubuh juga menjadi salah satu penyebab kanker jika cedera itu tidak dapat sembuh dengan sempurna.
  3. Virus : virus penyebab kanker atau virus onkogenik, kanker hati dihubungkan dengan virus hepatitis B, C, dan D, kanker serviks dihubungkan dengan terinfeksinya virus human papilloma.
  4. Hormon dan obat-obatan : pemberian hormon pada tubuh, seperti diethylstilbestrol (hormon seks buatan) yang menyebabkan kanker rahim, payudara, alat reproduksi. Obat kontrasepsi yang digunakan secara oral.
  5. Kelemahan genetik : dapat diturunkan pada seseorang, misal ayah punya kelemahan genetik organ hati terkadang anak juga punya kelemahan pada organ hati.

1 Komentar:

Pada 12 Desember 2010 pukul 14.50 , Anonymous Anonim mengatakan...

terima kasih informasinya.....
artikel bagus dan sangat bermanfaat

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda